Inilah yang Anda sebut Tuhan

Inilah yang Anda sebut Tuhan


Batin yang telah benar-benar menyelami semua ini ,yang telah memasuki jiarah penyelidikan yang tak kenal kembali lagi ,yang menyelidiki bukan hanya sekarang ini ,jam-jam ini, melainkan dari-hari-ke-hari —batin yang demikian pasti menemukan status penciptaan yang juga adalah segenap eksistensi. Inilah yang Anda sebut Tuhan.

Agar penciptaan itu bisa berlangsung mesti ada kesendirian penuh —kesendirian di dalam mana tidak ada kemelekatan ,tidak ada yang menemani ; apakah itu kata-kata atau pemikiran-pemikiran ataupun kenangan-kenangan .Ini merupakan penyangkalan total terhadap semua yang telah ditemukan oleh pikiran demi rasa amannya.

Kesendirian penuh —didalam mana tak ada rasa takut— punya keindahan luarbiasanya sendiri .Ini merupakan keadaan kasih karena ini bukanlah kesendirian yang berasal dari reaksi; ini merupakan suatu negasi total yang bukan merupakan lawan dari yang positif.

Dan saya rasa ,hanya dalam status penciptaan inilah batin benar-benar relijius .Batin yang demikian tak butuh meditasi : Dia sendirilah Yang Abadi Itu .Batin demikian tak lagi mencari —tidak juga mencari yang memberi kepuasan— tapi tak lagi mencari karena tak ada lagi yang perlu dicari .Ia total ,tanpa-batas ,tiada terukur ,tiada ternamai.

__________________
Diterjemahkan dari cuplikan : Collected Works Vol. XI – 294 ; kiriman dailyquote@jkrishnamurti.org .Edisi sebelumnya bisa dibuka di : http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/19198

Inilah yang Anda sebut Tuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar