Egoisme ... Musuh-besar umat manusia.

Egoisme ... Musuh-besar umat manusia

Anda mesti memilah antara yang mementingan diri sendiri

dengan yang tidak mementingkan diri sendiri.

Egoisme punya banyak wujud;

manakala Anda menyangka kalau Anda

telah membinasakan salahsatunya,

ia akan bangkit dalam wujud lainnya

yang lebih kuat dibanding sebelumnya.


~ J. Krishnamurti.

Egoisme pribadi memang merupakan egoisme yang paling lumrah ,yang paling akrab .Namun egoisme bisa terekspresi dalam banyak wujud — egoisme bangsa ,egoisme agama ,egoisme profesi ,egoisme budaya ,egoisme etnis ,egoisme jender ; dan banyak lagi untuk disebutkan .Ia bisa terekspresi dalam banyak modus.

Nasionalisme misalnya ,merupakan wujud dari egoisme kebangsaan ,yang kemudian memecah-belah antara bangsa yang satu dengan yang lainnya .Sebagai contoh ,kemelut Timur - Tengah yang tak kian menyurut itu ,merupakan campuran antara egoisme kebangsaan atau ras dengan egoisme keagamaan .Ia bukan saja memecah-belah ,namun membenturkan sekelompok manusia dengan kelompok-kelompok manusia lainnya.

Makanya, kalaupun ada satu musuh-besar dari seluruh umat manusia yang sangat pantas diperangi bersama ... itu adalah egoisme. Inilah yang pantas kita perangi, inilah yang mesti dieliminasi. Sebab dialah yang telah mengadu-domba umat manusia ... entah sejak kapan dan entah sampai kapan. Sebaliknya, altruisme, bukan saja mendamaikan, namun juga mempersatukan. Karena altruisme bersifat kedewataan, altruisme merupakan ekspresi dari kasih-sayang dan rasa persahabatan yang penuh damai.


Bali, Rabu, 21 Maret 2007.

______________________

Baca juga: “Ego-lah yang memecah-belah”, “Tidak boleh menolak pemberian altruistis!”, “Janji-janji Altruistis”, dan yang lainnya. Edisi sebelumnya bisa dibuka di:http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/13905.

Egoisme ... Musuh-besar umat manusia. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar