Ego bukan masalah ...

Ego bukan masalah ...


Dalam beberapa kasus,
terlihat kalau ego personal lebur sepenuhnya
manakala seseorang mendedikasikan hidupnya
dalam kerja tanpa-pamrih
—demi perbaikan kolektif umat manusia,
tanpa pengharapan atas penghargaan pribadi,
pengakuan, ataupun kemasyuran.

~ Eckhart Tolle.

Bukan ego, melainkan egoismelah yang merupakan musuh-besar umat manusia. Ketika mendengar ada berkata demikian, mungkin muncul pertanyaan kritis di benak kita: Lalu, adakah egoisme tanpa adanya ego?

Memang kelihatannya ‘tak ada egoisme tanpa adanya ego’. Akan tetapi, secara faktual, apakah memang demikian adanya? Guna membicarakan ini dengan jelas, kita mesti jelas dulu apa itu ego, apa itu egoisme, apa itu egois atau egoistis. Mari kita telusuri mereka dari hilir ke hulu.

Seseorang dikatakan egois kalau dia bersikap egoistis. Orang yang bersifat egois akan cenderung selalu bersikap egoistis. Nah...sampai disini tampak jelas kalau egoistis adalah sikapnya, dan egois sifatnya.

Sekarang, apa itu egoisme? Kalau saya bersifat egois, bisa dipastikan kalau saya menganut faham egoisme; setidak-tidaknya sedang dilanda egoisme. Jadi egoisme adalah faham; faham yang membuat penganutnya senantiasa berpusat pada ego, pada si aku —baik si aku subjektif maupun objektif.

Nah ... kini bisa dilihat bilamana egoisme bekerja dan bilamana ia tidak bekerja. Kendati si ego tetap ada disana, kalau egoisme tidak bekerja —yang berarti seseorang tidak senantiasa berpikir, berucap dan bertindak dengan berpusat pada si aku yang egois itu, atau tidak bersikap egoistis, tidak akan ada masalah. Apalagi kalau yang bersangkutan —yang adalah ego itu— malah bersikap altruistis. Mungkin ini tidak lumrah, namun adalah faktual kalau si ego juga bisa bersikap altruistis —sehingga menjadikannya “ego altruistis”, menganut altruisme.

Ego bukan masalah ... egoismelah yang memicu berbagai masalah.

Bali, Minggu, 07 Maret 2010.
___________________
Baca juga: “Hendak mengeliminasi Ego?”, “Mengikis ego ... Peniadaan rasa-diri”, “Egoisme, Musuh-besar umat manusia ”,dan yang lainnya .Edisi sebelumnya bisa dibuka di: http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/26967.

Ego bukan masalah ... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar