Tak ada aktivitas Kehendak.

Tak ada aktivitas Kehendak.

Hidup tanpa pengukuran, hidup secara total ,secara lengkap ,bebas dari segala bentuk pengukuran ,adalah bagian dari meditasi. Bukannya ,‘Saya melatih ini ,saya akan mencapai sesuatu dalam waktu setahun ini’. Itu adalah pengukuran ,yang merupakan sifat yang sangat alami dari aktivitas egoistis.

Di sekolah-sekolah kita membanding-bandingkan ,di universitas-universitaspun demikian .Kita membanding-bandingkan diri kita dengan seseorang yang lebih cerdas, lebih cantik secara fisik —ada pengukuran konstan berlangsung .Apakah kalian mengetahuinya secara sadar ataukah kalian tak menyadari gerak dari pengukuran ini .Meditasi adalah berhentinya pengukuran ,pembanding-bandingan ,sepenuhnya.

Lihatlah apa yang tersirat di dalamnya —dimana tidak ada bekas psikologis. Besok adalah pengukuran terhadap ‘yang ada ’ dalam waktu .Apakah kalian mengerti? Jadi pengukuran ,pembanding-bandingan ,serta aksi dari kehendak ,mesti sepenuhnya berhenti .Tidak ada aksi dari kehendak di dalam meditasi .Setiap bentuk ,setiap sistem meditasi adalah suatu aktivitas dari kehendak.

Sekarang ,apa itu kehendak? Saya hendak bermeditasi ,saya mau duduk diam ,mengendalikan diri saya ,hendak mempersempit pemikiran-pemikiran saya dan berlatih —semua itu adalah aksi dari keinginan —yang merupakan esensi dari kehendak .[Sekali lagi] di dalam meditasi tak ada aktivitas kehendak.

__________________
Dicuplik dan diterjemahkan dari : MIND WITHOUT MEASURE ,TALKS IN NEW DELHI ,4TH PUBLIC TALK ,7TH NOVEMBER 1982 .Edisi sebelumnya bisa dibuka di :
http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/11684 .

Tak ada aktivitas Kehendak. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar