Pemeriksaan tiada henti terhadap setiap gerak-gerik pikiran


Anda akan dihadapkan pada keharusan untuk menemukannya sendiri, yang butuh penyelidikan besar, butuh kerja keras —jauh lebih keras dibanding kerja mencari nafkah, yang hanya merupakan rutinitas itu. Ini butuh kewaspadaan luarbiasa, keawasan terus-menerus, pemeriksaan tiada henti terhadap setiap gerak-gerik pikiran.

Dan saat Anda memulai pemeriksaan terhadap proses berpikir itu —yang adalah mengisolasi setiap bentuk pemikiran dan memikirkannya hingga akhir— Anda akan melihat betapa sulitnya ini dilakukan; ini jelas tidak menyenangkan bagi seorang pemalas. Padahal itu merupakan sesuatu yang esensial untuk dilakukan, karena hanya batin yang telah mengosongkan dirinya dari semua hal-hal usang yang dikenalnya, yang telah mengosongkan dirinya dari semua kekacauan-kekacauan lamanya, konflik-konflik serta kontradiksi-kontradiksinya —hanya batin seperti itu sajalah yang punya impuls realitas yang baru, yang kreatif.

Batinpun kemudian menciptakan tindakannya sendiri; ia secara serentak menghadirkan berbagai aktivitas yang berbeda-beda, dimana tanpanya, sekedar reformasi sosial —seberapa diperlukanpun itu, seberapa bermanfaatpun itu— tak mungkin bisa menghadirkan suatu dunia yang damai dan bahagia.

____________________
Diterjemahkan dari: The Collected Works, Vol. X – 255; kiriman dailyquote@jkrishnamurti.org. Edisi sebelumnya bisa dibuka dihttps://groups.yahoo.com/neo/groups/BeCeKa/conversations/messages/27770.

Pemeriksaan tiada henti terhadap setiap gerak-gerik pikiran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar