Keindahan nan agung yang berasal dari Keheningan


Meditasi adalah penghancuran rasa aman dan didalamnya ada keindahan nan agung —bukan keindahan yang dikumpulkan oleh manusia atau oleh alam, melainkan— yang berasal dari keheningan.

Keheningan ini adalah kekosongan di dalam mana dan dari mana semua hal mengalir serta mengejawantah. Ia tak bisa dikenali; baik intelek maupun perasaan tak bisa membuat jalan menujunya; tak ada jalan menujunya; ‘metode guna menuju’ adalah temuan dari otak serakah. Semua jalan dan cara yang berasal dari diri yang hitung-hitungan mesti sepenuhnya hancur; semua gerak maju atau mundur, cara kerja dari waktu, mesti berakhir; tanpa hari esok.

Meditasi adalah penghancuran; ia merupakan sebuah bencana bagi mereka yang hendak menjalani suatu kehidupan dangkal dan sebentuk kehidupan khayali layaknya dalam dongeng-dongeng.

__________________
Dicuplik dan diterjemahkan dari: KRISHNAMURTI’S NOTEBOOK - PART 3 ; GSTAAD ,SWITZERLAND ,13TH JULY TO 3RD SEPTEMBER 1961 .Edisi sebelumnya bisa dibuka di: http://groups.yahoo.com/group/BeCeKa/message/15345.

Keindahan nan agung yang berasal dari Keheningan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar